Kamis, 12 Juli 2007

Peace, Love and Gaul

Bergaul di dunia maya dalam sebuah situs social relationship dengan intens baru saya lakukan sekitar setahun terakhir. Sebelumnya saya ber friendster ria, tapi tak terlalu aktif. Begitu kenal MP langsung jatuh cinta.

Saat masuk dunia per-MP-an saya pelajari baik-baik rambu-rambu yang berlaku. Bahkan dengan sangat hati-hati saya baca semua postingan kawan-kawan mengenai etika komunikasi di dunia maya. Ini saya lakukan karena pada dasarnya MP saya gunakan menambah teman maya. Tak terbayangkan misalnya harus mendapat musuh gara-gara kebodohan saya yang tak mengerti akan etika di dunia maya!

Apa saya nyari aman dengan melakukan ini? Nggak juga. Karena memang seperti inilah saya. Apa yang saya posting di MP adalah penggalan pengalaman yang saya alami sehari-hari. Tak ada yang istimewa, biasa saja. Kalau ada yang menanggapi syukur, tak adapun tak apa. Bagi saya MP adalah wadah saya untuk terus menulis. Karena dengan menulis --selain membaca tentunya--saya merasa berbudaya.

Jadi, buat apa mengotori halaman-halaman MP kita dengan permusuhan. Sebarkan perdamaian, cinta dan pertemanan lewat MP. Peace, Love and Gaul kata anak-anak ABG.

*maaf tulisan ini tak bermaksud menyinggung siapapun.

17 komentar:

  1. hehehehe... seumur2 gw gak pernah gini lho.... cuman kadang kesabaran terlewati batasnya... dan reaksinya begitulah... :-P

    BalasHapus
  2. Dalam hal ini gw sebetulnya juga gak berperan jadi "korban"... cuman ada yang berdiri di depan gw... yang "down total" karena itu...yang butuh pelukan hangat... ;-)

    BalasHapus
  3. ah, berantem2 di dunia maya juga asyik kok, Mas...
    dari sana kita bisa tau sapa2 aja yang cukup smart untuk dijadiin temen.
    bukan smart dari sisi intelektualitas otak aja looo...tapi emosionalnya juga.
    dengan adanya masalah justru kita saling mengenal lebih dalam, Mas...

    BalasHapus
  4. hari ini kok kyknya rame bener yahh MP... *sambil ngabisin maksi*

    BalasHapus
  5. anna jg ga pengen cari musuh.. tp klo ada yg jual pasti dibeli..
    palagi org2 yg ga kenal ma kita2, trs enaknya ngomong seenak udelnya...

    dooh tensi lgsg naek mas, padahal dlm bergaul di dunia maya pun saya tak berniat menyakitin sapapun karna inti nya yah sama ma yg laen, mo nyari temen, palagi kita2 yg tinggal jauh gini...

    peace !!

    BalasHapus
  6. Mas, ngomongin buku aja yuuuuuu :D *OOT yaks gw?*

    BalasHapus
  7. Sebarkan perdamaian, cinta dan pertemanan lewat MP.
    =====================================
    setuju bgt mas! dari MP ini mmg aku dpt banyak teman yang membawa cinta. Dan asiknya ga cuma yg deket2 & pernah kopdar saja, tp juga yg jauuuh2 di luar negeri sana. Pertemanan dg mrk yg jauh itu ga mgk aku lakukan tanpa bantuan dunia maya ini.

    BalasHapus
  8. wah, klo pake acara musuh2an mah aku nggak ikut2 ahh.. *nongton aja dari kejauhan*

    BalasHapus
  9. om bubba : sabar yah om...jgn dibls dgn emosi..toh udh byk yg respons..justru kl emosi malah makin buruk situasi...

    buat nozqa : setuju...sekaligus pembelajaran buat diri kita sendiri untuk lebih dewasa dan bijaksana di hari depan..

    BalasHapus
  10. wah, gue setuju banget ama Alvian...
    buat mr. bubba, sabar yaaa..... kasih pelukan hangat aja deh buat yg lagi down..
    dan sama dengan Kang Udin, saya juga hati2 dalam posting di MP. itu sebabnya saya jarang posting.... ;-)

    BalasHapus
  11. Mau dung dibagi maksinya Say ;-p
    *hug Pepy, kangeeeeeeeeeeen* :-)

    BalasHapus
  12. Setuju banget :-)
    Intinya siy kita juga bisa liat siapa2 saja yg siap dan mampu jadi agent buat management conflict yg sedang terjadi. Oh iya, tapi jangan pada jadi kompor ya :-)

    BalasHapus
  13. makasih mas udin......kita ambil saja hikmah dari beberapa kejadian terakhir ini.....agar kita bisa lebih berhati-hati lagi......

    BalasHapus
  14. Terima kasih dik Udin telah berbagi tulisan di atas.
    Hiyaaa........apapun pilihan kita, entah itu blog.com, friendster, and or our beloved MULTIPLY. Sama saja semuanya membutuhkan tata krama pergaulan. Meskipun melalui dunia virtual atau maya. Tak terkecuali bagi siapapun. Atau mungkin ini hanya dalam teori belaka? Walahu'alam bii shawab....

    Cukup sudah peperangan di-mana2. Dunia yang tua dan renta ini membutuhkan perdamaian. Mulailah dari diri kita sendiri dengan penuh keterbukaan sikap, menghargai serta saling menghormati. Aaah....perbedaan apapun selalu banyak, seabreg bila kita cari.

    Saya telah banyak belajar dari pengalaman pribadi, dari penyakit yang tidak atau belum tersembuhkan. Dari kematian yang begitu dekat, sangat dekat. Hidup terlampau pendek dan sangat singkat, untuk saling memojokan satu sama lain. Bersyukur manakala pada pagi hari masih memiliki KESEMPATAN atau WAKTU untuk menjalani kehidupan ini. Menikmati serta mensyukuri akan karunia Illahi.

    Istilah terlambat tidak ada, selama nafas kita masih berhembus. Percayalah dunia ini dengan segala kemajuan teknologi (termasuk internet atau dunia maya........) hanya akan kita nikmati segi positiefnya. Semua berbalik kepada diri sendiri. Insya Allah......

    BalasHapus