Senin, 02 Juli 2007

[anak] Beratnya Berpisah

Suatu siang saat ayah tidur. Nabila pulang sekolah dengan sesenggukan. Menangis perlahan tak bisa dihentikan. Masih dengan kantuk yang sangat, saya bertanya, "Kenapa kakak menangis?" 

Nabila tak menjawab. Ia terus menangis. Ah, paling-paling berantem kecil dengan mas atau adiknya, pikir saya sambil melanjutkan tidur. Tapi kok nangisnya tak juga usai. "Kakak dipukul mas?," tanya saya penuh selidik. Dia menggeleng.

"Dipukul dedek?". Iapun menggeleng dengan tangisnya yang masih tak tertahan.

Jawaban baru saya dapat dari bibik pengasuh. Rupanya ia menangis setelah perpisahan dengan guru-gurunya di TKIT Al Jihad. Hari itu memang terakhir kalinya ia sekolah sebelum diadakan pesta perpisahan di Mekarsari.

Saya pun mahfum mengapa begitu hebatnya reaksi Nabila atas perpisahan itu. Guru-gurunya di TK memang luar biasa berartinya bagi seorang Nabila. Ia bisa memposisikan diri sebagai kawan sekaligus ibu kedua bagi Nabila. Saya tahu itu dari kedekatan hubungan mereka, saat sesekali saya mengantar Nabila ke sekolah dan dari cerita-cerita Nabila.

Bahkan karena dekatnya, semua guru membahasakan diri sebagai Bunda, bukan ibu guru seperti kebanyakan sekolah lain. Sebutan bunda itu mendekatkan hubungan secara emosional antara guru dan murid. Dengan bundanya di sekolah, Nabila biasa curhat tentang banyak hal, mulai dari kawan-kawannya, adiknya hingga ayah bundanya di rumah. Pendek kata kedekatan Nabila dengan gurunya di sekolah nyaris sama dengan kedekatannya dengan kami di rumah.

Makanya tak heran jika saat perpisahan menjadi hal terberat bagi mereka semua, guru dan murid. Karena bukan hanya Nabila seorang yang kehilangan. Semua kawan dan bunda di sekolah ikut menangisi perpisahan itu.

Ah, jadi ingat guru-guru saya dulu saat TK dan SD. Mereka semua memberi sentuhan personal bagi perkembangan pribadi saya hingga bisa seperti sekarang ini. Apakabar mereka ya hari ini....

23 komentar:

  1. Nabilah murid yang teladan dan baik sekali guru2nya sampai membuat Nabilah sedih :-( .......Bilang Cak Udin nanti bisa berkunjung sewaktu2 Nabilah kangen dengan Ibu gurunya :-)

    BalasHapus
  2. sampai pindah ke yogya sini, aku blum sempet ngajak iyog pamitan ke guru2 TK-nya....terakhir iyog ketemu saat lulusan TK...dan memang benar, mereka punya kesan tersendiri...

    BalasHapus
  3. subhanallah....hebat ya gurunya
    pasti hubungan guru-muridnya hangat banget

    BalasHapus
  4. duhhhh .... gak pernah ngerasain TK nehh.... langsung SD :(

    BalasHapus
  5. pantes nggak bisa diem skrg! hihi...

    BalasHapus
  6. usul yang bagus mbak emi, suatu saat harus berkunjung ke guru-2nya anak-2.

    BalasHapus
  7. kok sama sih Ri.. aku kalo ke TK itu tandanya main jemput temen :))

    BalasHapus
  8. "Bunda, mana Ayah...huuhuhu...mana ?"

    BalasHapus
  9. Aku gak pernah TK, langsung SD percobaan.

    BalasHapus
  10. aku juga gak punya temen tk....langsung SD Inpres........
    xixixixixixixiiiiiiiiiii

    BalasHapus
  11. Guru2 teladan ya? Jadi inget guru2 SD dulu, benar2 kebalikannya...sadis2 malah. Atau emang jaman udah berubah ya :-)

    BalasHapus
  12. alangkah beruntungnya Nabila...
    gue dulu sekolah di St Angela, sekolah katolik dengan disiplin ketat.
    gurunya rese dan nyelekit semua, siapa juga mau deket
    untungnya setelah lulus yang tersisa hanya disiplinnya, jangan sampe jadi judes juga deeeh hahahaha....

    BalasHapus
  13. Duh, sy jadi inget guru sy yg selalu suport sy buat jadi org yg ga pemalu dan menemukan bakat sy. Memang guru spt itu akan selalu dikenang.

    BalasHapus
  14. benar mbak ani. sy melihat relasi antar guru murid luar biasa hangatnya...

    BalasHapus
  15. kok sama ya Wit...jangan2 kita satu sekolah?..D

    BalasHapus
  16. jemput temen atau tukang dongeng?...D

    BalasHapus
  17. apa kabar sd inpres yak...masihkah ada yang bernama demikian?

    BalasHapus
  18. guru sekarang gak bisa sadis2 mbak..ntar anak didiknya ngadu ke polisi..hehehe...

    BalasHapus
  19. kebayang strengnya sekolah khusus kek gitu...

    BalasHapus
  20. Heuheu ... masih, pi sdh teratasi.
    Saya dr dulu introvet bgt Mas. Ga pernah nyaman klo ketemu org baru. Baru aktif berkomunikasi dg temen setelah kelas 3 SD. (Sss ... jangan bilang2).
    ^_^

    BalasHapus