Rabu, 18 Juli 2007

Indonesia Raya

Petang kemarin dada saya begitu sesak. Bukan akibat kaos saya yang kekecilan atau salah ukuran. Tapi karena lagu Indonesia Raya. Ya, lagu itu begitu membius relung-relung hati saya yang telah begitu lama tak dihampiri ke-Indonesiaan. 

Selewat masa kuliah dan masuk dunia kerja, nyaris tak satu kalipun saya sempat ikut larut melantunkan lagu ini. Selain karena telinga saya sudah diokupasi oleh musik pop dan sejenisnya, perjumpaan saya dengan lagu itu memang tak ada lagi. Tak pernah lagi saya berada ditengah-tengah massa upacara bendera yang mesti mendendangkan karya agung WR Supratman itu.

Dan sore kemarin meski hanya melalui siaran tv, air mata saya ikut meleleh saat ribuan orang menyanyikan lagu itu sebelum pertandingan Piala Asia antara Indonesia dan Korsel.

Benar-benar dahsyat. Hati sayapun tergetar hebat.

Ternyata, saya memang masih orang Indonesia!

30 komentar:

  1. aha!
    gw pun.
    apalagi sambil nyanyi bareng2, Mas...

    BalasHapus
  2. yup.
    lagu ini memang bukan lagu egois yang dinyanyiin sendirian.

    BalasHapus
  3. huhuhuuu...apalagi terakhir kali gw nyanyiinnya bareng orang2 tua veteran perang.
    berasa syahdu beneeerrr...

    BalasHapus
  4. iya nih mas, AFC bikin rasa itu muncul
    *disini lagi pada demam AFC juga*

    BalasHapus
  5. waduh demam itu nyampe juga ke belanda rupanya..

    BalasHapus
  6. ya... saya juga meraksakan... aku ini orang indonesia...
    terus maju indonesia raya, terus berkibar merah putih

    BalasHapus
  7. mudah2an Indonesia Raya akan lebih sering berkumandang di dunia internasional, dalam konteks ini adalah lewat prestasi di olahraga. Amin

    BalasHapus
  8. berarti rasa nasionalisme itu masih ada ya Kang Udin...? ;-)

    BalasHapus
  9. alhamdulillah, saya masih sering melantunkannya mas udin, meski kadang dalam hati saja.... bener lo...... lagu ini memang menggetarkan!

    BalasHapus
  10. gue sering banget merinding dan mata berair
    waktu Indonesia Raya berkumandang saat pengalungan medali event2 olahraga... =D

    BalasHapus
  11. tiap 17 agustus paling enggak (biar udah ngga sekolah). upacara tingkat kotamadya di bogor soalnya diadain di lapangan sempur, jadi bisa sekalian rekreasi. (kalau di jakarta pengamanannya super ketat sih ya? jadi masyarakat malah susah ikut upacara di istana?)

    BalasHapus
  12. terakhir nyanyi lagu ini kayaknya pas wisuda di balairung deh :(
    btw, mas udin nonton di GBK yak?!

    BalasHapus
  13. Kemarin pas acara Kartinian bareng Konsulat Indo di sini, seperti biasa dibuka dengan Indonesia Raya. Wuiiih...merinding banget, mata sampai berkaca-kaca, suara nggak keluar...
    Ternyata sayapun masih tetap orang Indonesia....

    BalasHapus
  14. Yup. Sangat membanggakan melihat timnas kita. Dan Indonesia Raya pun terasa menggetarkan, saat dinyanyikan dengan semangat menang. Merdeka!!!

    BalasHapus
  15. pastinya...kalo mati kan tak bisa mereplay..

    BalasHapus
  16. penting sekali mas, terutama buat anak-2 ..

    BalasHapus
  17. itu dia, karena kita jarang menang makanya jarang lagi dengar indonesia raya!

    BalasHapus
  18. mestinya upacara di istana tak seketat itu! sehingga semua kalangan bisa ikut.

    BalasHapus
  19. ya enggak lah, ane dari tv, ente kan ke senayan!

    BalasHapus
  20. waduh gak sempet Dee...cukup dari tv aja!

    BalasHapus
  21. mungkin itu yg dinamakan indonesia raya syndrome!

    BalasHapus
  22. yup, semangat menang itu yg sudah jarang mas..

    BalasHapus
  23. entah....kayanya aku udah nggak hapal deh mas.........:-(

    BalasHapus
  24. masa sih nggak hapal..jangan2 lebih hapal kimigayo....

    BalasHapus