Jumat, 03 Februari 2006

Danish

Entah sudah kesekian kali Islam selalu diperolok. Apakah dikaitkan dengan penjahat, teroris, dan sederet stigma negatif lainnya. Kali ini datang dari negeri nun jauh di Skandinavia sana, Denmark. Nabi Muhammad bagi muslim adalah the holy man -mungkin sama 'holy' nya dengan Yesus bagi kawan Kristiani- diejek dengan karikatur. Adalah Jyllands Posten, koran di Denmark sana yang memuat karikatur itu. Jelas disebut Muhammad, sang nabi, namun dengan penggambaran bak teroris! Dengan bom di kepala, golok di tangan, dan tampang bak pandir. Wah!!!


Denmark berdalih tak bisa melarang atau memberangus   dengan dalih kebebasan pers. Tapi, alih-alih melindungi kebebasan berekspresi, tak tahukah mereka kalau itu menyakiti umat muslim dunia, yang jumlahnya Miliaran orang itu? Kalo akhirnya memicu reaksi anti Denmark dari umat muslim dunia, rasanya wajar. Belakangan demo anti denmark di tanah air pun gencar dilakukan, termasuk boikot produk Denmark.



Yang menyebalkan, karena posisinya terjepit opini kalangan muslim, Denmark menggalang opini dunia, minta dukungan.


Tidakkah toleransi diajarkan disana? Tidakkah kebebasan pers menyentuh sisi manusiawi orang lain, adakah mereka mengetahui kalo di dunia ini ada Islam? Atau kita yang Islam kurang 'syiar'nya sehingga begitu mudah dilecehkan dan direndahkan? 


Waduh, jadi susah nih makan Danish Butter Cookies dari Denmark..... 

2 komentar: