Minggu, 18 Juni 2006

[Iseng] Film Masa Kecil


Kadang saya ingin kembali ke masa kecil dulu, 20-an tahun silam, saat saluran tv cuma ada satu, TVRI. Saat itu, menonton tv jadi ritual menyenangkan selain membaca. Ada beberapa acara tipi yang sampai kini membekas hebat dalam benak saya, dan mungkin jutaan anak Indonesia sejaman.


Saat itu rumah kami di Kebayoran Lama, Jakarta belum diterangi aliran listrik. Untuk menonton tipi, bapak harus men-charge 'aki'. Kalau 'aki' habis, biasanya numpang nonton ke tetangga satu kampung. Belum tentu sebelah rumah, karena dulu belum semua warga kampung kami yang memiliki tipi.


Saya dan juga kawan-2 seangkatan punya kegemaran tontonan yang sama, maklum nggak ada pilihan lain. Film-film seperti Chips, The Saint, Six Million Dollar Man,  atau BJ & The Bear jadi teman kami sehari-hari. Kalau nggak nonton sekali, kayaknya rugi karena ketinggalan bahan obrolan dengan kawan di sekolah.


Tapi ada satu film yang luar biasa dahsyatnya bagi saya, bahkan hingga kini masih terkenang-kenang, yakni kisah keluarga Laura Inggals Wilder dalam Little House on The Prairie. Terlepas isinya yang mengajarkan prinsip-prinsip agama tertentu, namun tayangan ini memberi banyak hal. Misalnya persahabatan, nilai keluarga dan kekerabatan. Suatu hal yang mulai langka, setidaknya di ibukota Jakarta. Jujur, saya rindu pada film sejenis ini. Saya sumpek melihat tayangan sinetron yang hanya memotret kehidupan kelas atas, dan melupakan 'kehidupan' lain masyarakat kita, yang rata-rata masih miskin.


Kapan ya ada film atau sinetron lokal dengan cara bertutur seperti Little House?

33 komentar:

  1. waktu kecil gw sukanya nonton "Buck Rogers" .. ceweknya namanya Ardala .. ada yg inget?

    BalasHapus
  2. Oya, saya ingat! tapi saya kurang suka film sci-fi. paling yang saya agak suka "the time tunnel"!

    BalasHapus
  3. Tontonannya sama nih :) Ingat jaman dulu, setiap Minggu siang sekeluarga ngumpul di depan TV nunggu Little House. Setelah itu TV dimatikan, lalu sore2 main ke luar dengan anak2 tetangga..

    Benar, Indonesia masih perlu banyak sinetron lokal yg membumi dan (terutama) cocok utk anak-anak.

    BalasHapus
  4. waktu aku kecil, dirumah nggak ada tv.. hehehehe....

    BalasHapus
  5. film yang saya nikmati ketika SMP dulu! Heran, film ini cukup melekat erat dibenak penonton Indonesia.

    BalasHapus
  6. mungkin karena belum ada alternatif stasiun tv, belum ada mal, tempat dugem, dulu pada betah nongkrongin film semacam itu. sekarang sih, nggak karu-karuan sinteron kita, penuh dendam dan benci. kasian anak-anak sekarang disuguhi banyak sampah.

    BalasHapus
  7. dulu ada film "Si Unyil", "Rumah Masa Depan", "Losmen", "Keluarga Cendana" ... eh, "Keluarga Cemara" :)

    BalasHapus
  8. punya tipi repot ..ga punya tipi lebih repot ..gimana dunks ..

    BalasHapus
  9. yang jelas sekarang gak perlu bayar iuran teve lagi :)

    BalasHapus
  10. saya termasuk yang kerepotan...tiga anak saya punya kegemaran berbeda, wah rame kalo masing-masing berebut pengen lihat tayangan kesukaannya. apalagi saya berprinsip tidak akan pernah ada lebih dari 1 tv di rumah. dulu ada 2 tv, akhirnya satu sy jual.

    BalasHapus
  11. jual aja teve-nya, kalau punya 1 teve kan punya 3 kerepotan (soale 3 anak punya kegemaran berbeda), kalau gak punya teve kan tinggal punya 1 kerepotan (gak punya teve sama sekali) :)

    BalasHapus
  12. uhm.
    anak gw baru satu.
    namanya denyut, cowok, 3.5 taun,
    dan dia penguasa tv di rumah kami.
    penginnya selalu nonton yang lucu-lucu,
    dan space toon adalah stasiun tv kegemarannya.
    untungnya, gw dan yeni nggak terlalu suka tv,
    jadi, ya masih belum punya masalah besar,
    selain selalu mengingatkannya agar nonton tak terlalu dekat dengan tv.

    BalasHapus
  13. dulu saya doyan little house. tp trus pas udah ada highway to heaven, saya jd sebel ama michael landon jdnya ikut2an sebel ama little house.

    film jadul yg saya demen: the lost island, here comes the double deckers, chase, bionic woman, laff olympics, drake pact, goldie gold & action jack, defenders of the earth. gak lupa film malam minggu & minggu siang ;)

    BalasHapus
  14. salam kenal om udin,sama sama pneggemar litle house nih.......sama si unyil tea

    BalasHapus
  15. aku juga penggemar little house *toss*
    sama remington steel, sama the a team

    BalasHapus
  16. aku suka little house tapi gak suka sama bapaknya.....

    BalasHapus
  17. aku suka little house apalagi sama lauranya yang giginya kayak kelinci itu..:)

    BalasHapus
  18. suka: liitle house, the a team, remington steel, rumah masa depan , ACI, keluarga ratu asia, Pak Is, Keluarga Marlia Hardi (sayang ibunya bunuh diri),film kumkum, Jody and Foderwing, Bonanza, The New avenger, Cermin retak (Teater Koma), Unyil, Charlie Angels,The saint, The Six Million dollar men, Bionic woman, chips, BJand the Bear, Laverne and Shirley, The Bears (lupa judulnya, ttg grup softball), de el es be.
    Dulu maniak TV, sekarang maniak internet :((

    BalasHapus
  19. wah, daftarnya mas Oka lengkap euy. saya baru coba inget-2 apa ya film lain, ternyata semua yang diputar TVRI jadi favorit. Seneng Strauss Family gak? wah, asyik tuh film. persentuhan pertama saya dengan musik klasik dari film ini.

    BalasHapus
  20. wah, sama tontonan-nya..... Little House in the Prairie ini favorit saya juga. Kalo kangen bisa lihat ulasan-nya di Blog 80-an.

    BalasHapus
  21. strauss family? terlalu lambat alurnya lagian selasa malam 21.30 terlalu malam besoknya ada pelajaran matematika ama IPA. Marie Currie masih bisa menikmati, soalnya rabu (hari kamis nggak ada matematika).

    BalasHapus
  22. waduh masih ingat lagi jadwal tayangnya....saya aja udah lupa tuh!

    BalasHapus
  23. Waah film seri ini kegemaran saya juga..
    Di Prancis juga diputar film ini mas..hehheh wkt di Indonesia aku sering jadi pengingat kenalan2ku akan film ini, krn rambutku ini mas

    BalasHapus
  24. semua film di atas, aku juga suka nonton! The A Team, Manimal, Battlestar Galactica, Dynasti, Dallas, dsb. Hehehe jadul tapi keren2 yah pada jamannya..

    BalasHapus
  25. ..coba buka www.retrojunk.com lumayan buat mengenang masa lalu, di sana kita bisa lihat/down load intro felm masa lalu.. back to the 80..

    BalasHapus
  26. thx bung taslimaalifia, saya akan buka situs itu. salam kenal.

    BalasHapus
  27. weh ingat ardala, yg super sexy bibirnya terbuka terus, yg main pamela hensley

    BalasHapus
  28. aduh bingung kamu suka timetunnel apa nggak yah, ingat "land of the giant" nggak, diputer hari minggu adegan naik pake tali ujungnya dari peniti.

    BalasHapus
  29. jaman sekarang anak anak terlalu dijejali tontonan nggak mendidik. mendingan channel TVnya cuma satu aja. Biar anak anak indonesia lebih bersosialisasi dengan sebayanya.

    BalasHapus
  30. timetunnel dan land of the giant senang juga. tapi ardala nggak inget.
    turn off your tv!! hehehe....

    BalasHapus
  31. salam kenal untuk semua masa2 launya yang bahagia

    BalasHapus