Rabu, 10 September 2008

Memarahi Anak Saat Tarawih

Setiap ramadhan saya selalu membuat target tak tertulis, baik bagi pribadi maupun untuk keluarga. Biasanya target itu ada yang jalan, kurang sempurna dan tidak. Tapi saya pastikan selalu ada target, setidaknya memacu hidup untuk menjadi lebih baik.

Tahun ini selain ingin terus meningkatkan mutu ibadah, saya punya target untuk anak-anak. Ihsan makin bagus puasa, tadarus dan kesabarannya. Nabila mulai mencoba berpuasa penuh. Dan bagi si kecil Ninis paling tidak jadi semangat ikut ritual ramadhan yang kami lakukan.

Untuk Ihsan dan Nabila saya agak lega, dengan pengawasan ketat meski susah payah, keduanya bisa diarahkan. Tapi khusus si bungsu, kami memang tidak memaksanya untuk ikut puasa karena secara fisik belum memungkinkan. Ia harus minum susu sekian jam sekali! Ya sudah, paling tidak dia tambah mengerti apa itu puasa dengan melihat kami tidak makan minum bersama dia sepanjang hari.

Meski tak puasa, Ninis kerap ikutan ke mushola untuk tarawih. Dan kemarin muncul masalah, dia mogok ke mushola. Dibujuk siapapun tetap tak mau, dia nangis meraung-raung. Saya curiga, karena tak biasanya dia begitu. Setelah dipancing-pancing, ternyata dia trauma ke mushola! Hah?

Beberapa hari silam dia dan beberapa kawannya sempat dibentak seorang bapak karena berisik saat pelaksanaan sholat. Saya sempat melihat saat si bapak membentak keras sekali. Sempat kepikiran kok begitu sih sama anak kecil! Tapi sudahlah, mungkin itu reaksi spontan si bapak, toh Ninis juga salah, berisik saat sholat!

Efeknya ternyata dalam sekali bagi Ninis. Dia begitu ketakutan. Saat itu ia langsung lari ke pelukan bundanya. Dan semalam, ia mogok ke mushola. Waduh, puyeng juga kalo keterusan. Dan ternyata akibat bentakan itu (si bapak membentak lebih dari sekali), ada beberapa anak lainnya yang juga gak mau datang lagi ke mushola.... Duh.

19 komentar:

  1. lebih baik dikasih tau ajah bapaknyah..

    BalasHapus
  2. saya kecil dulu juga pernah ikutan dibentak sama ibu2 waktu tarawih di mushola dkt rumah, pdhl yg berisik teman2 sebelah
    akhirnya trauma, gak mau tarawih di situ lagi, pindah ke masjid meskipun agak jauh
    bener deh, trauma itu membekas di anak kecil.

    BalasHapus
  3. dduh bingung juga kalo anak dah trauma ya mas, karena aku nih juga punya penyakit trauma...iya btl mas lebih baik di beri pengertian Ninisnya. Lah kalo aku mau gk mau ngalah deh gk msholla, karena seusia ilhan blom ngerti, dimarahin pun atau dibentakpun pastinya cuek dia. Tapi sblmnya gk pernah dibentak kalo Ilhan ribut pas sholat, tapi akunya emang gk enak ati, akhirnya aku dnailhan di rumaha aja deh ...huhuhuhu padahalkan suasana ritual gt mayan bagus utk anakanak ya

    BalasHapus
  4. si bapak galak juga ya, nggak pandang bulu meski ama anak kecil yang mungkin belum bisa mengerti sepenuhnya

    salah satu jalan, si anak kita tempatkan di sebelah kita sewaktu shalat supaya bisa berada dalam pengawasan ortunya dan tidak terpengaruh oleh kegaduhan temen2nya atau anak2 kecil yang lain. itu pernah aku terapkan ke keponakan dan cukup efektif :-)

    BalasHapus
  5. aduh!

    kalo soal ini, aku cukup salut dg para ibu-ibu Arab (skg ini aku iftar dan shalatnya di mesjid Arab dekat rumah), disaat kami sedang shalat... anak-anak mereka yg masih kecil-kecil cukup berisik, tapi tidak ada bentakan sama sekali keluar dari mulut mereka, penyampaiannya lembut banget
    dan aku lihat, anak-anaknya malah jadi lebih nurut dg tutur bahasa yg lembut tsb

    BalasHapus
  6. memang agak susah nih masalah anak2 di masjid saat tarawih.
    mirza juga tadinya anteng2 ikutang tarawih di dekat ayahnya, begitu tahu ada tmn2nya yg rame2 eh dia malah ikutan, akhirnya aku ajak pulang aja, terusin tarawih di rumah. daripada berisik menganggu orang sholat

    BalasHapus
  7. aku juga suka gak enak ati niy mbak Sikrit
    makanya suka absen sholat ied sama tarawih, takut orang lain terganggu sama batitaku yg lari-lari
    meskipun kadang nekat juga, sekali2 dibawa, tapi gak sering2
    baru bawa terus tuh waktu anak udah 3-4thn deh, udah bisa sholat disamping ayahnya

    BalasHapus
  8. klo di tempatku mmg dipisahkan mushola anak2 & orang tua
    di mushola anak2 orang dewasa yg ada ya yg bertugas jd imam & khatib saja, serta orang tua yg mendampingi anaknya, jd sdh siap dg resiko "terganggu"

    semoga trauma-nya Ninis ga berkepanjangan yaa...

    BalasHapus
  9. waduh kasihan juga ninis sampai trauma gitu mas...
    sebenarnya setahuku yang boleh ngingetin seorang anak untuk tidak berisik pas di musholla atau di masjid itu orang tuanya dan atau khotib/imam masjid, bukan semua orang, serta tentu saja dengan bahasa yang lembut dan menyentuh kesadaran...

    BalasHapus
  10. ayo ninis......jangan takut ke mushola....kalo dibentak si bapak itu lagi bales bentak lagi ajah...

    BalasHapus
  11. betul Shant, idem ama dirimu, sering absen, dan belakangan aku tahu ibu2 lain juga ada yg sprt itu, aku bawa ilhan tarawih wkt bayi skalian, karena dia kan gk bisa gerak ;) atau pas dah mungkin umur empat tahun nanti.

    BalasHapus
  12. Hehe..

    Kalo di-inget2 dulu gue juga gitu. Hobinya badung kalo lagi teraweh. Suit pas temen lagi ngacungin telunjuk tahiyat akhir, bediri pas orang-orang pada sujud, naro kotak jariah di areal pantat temen yang lagi sujud dan lain sebagainya.

    Tapi ini yang membangun rasa alam bawah sadar bahwa pergi ke mesjid adalah sesuatu rutinitas yang menyenangkan.

    Makanya sekarang toleransi aja sama anak kecil yang maen di mesjid. Paling cuma 'ssst' dikit, gak pernah bentak..

    BalasHapus
  13. adyh, kasihan Ninis..sampe trauma gtu..Harusnya kalau kasih teguran jangan pakai bentak2 ya..

    BalasHapus
  14. berarti mestinya sekarang gue udah nggak hidup.. mati krn trauma berkesinambungan dan berkepanjangan.. since hidup gue penuh dengan bentakan dan hentakan, dalam dan luar rumah..

    BalasHapus
  15. jadi mikir, jgn2 aku malas ke mushalla krn pernah dibentak waktu kecil :p

    BalasHapus
  16. Orang membentak anak kecil karena tidak mendapatkan rahmat dari Allah SWT...

    BalasHapus
  17. duh kok ada org gt ya..:(
    emang sih anak2 kalo berisik akan mengganggu ibadah, tapi, menjaga hti anak kecil jauh lebih penting!

    BalasHapus
  18. kalau di luar negeri gmn yah eksekusi terhadap anak2 kecil yg berisik? #penasaran

    BalasHapus