Kamis, 28 Agustus 2008

Melihat Bakat dan Kegemaran Anak

Memupuk bakat dan ketrampilan anak sejak dini ternyata susah-susah gampang. Sejak awal saya dan istri memberi kebebasan 3 anak kami untuk mengeksplor kemampuannya.

Si sulung Ihsan sejak awal sangat menyukai kegiatan fisik selain ngutak-ngatik game komputer. Ia sangat gemar sepak bola dan futsal. Saat kecil, bangun tidur sudah main bola di teras rumah, pulang sekolah pun begitu. Bahkan kalo sudah main di lapangan kerap lupa waktu! Kalo sudah begitu, si bunda yang ngamuk-ngamuk..

Awalnya kami tak sadar, itu kami anggap hanya sekedar keisengan belaka. Tapi karena ditekuni, eh sekarang malah jadi hobby yang menghasilkan prestasi. Bahkan kemarin saat 17-an dia dan tim futsalnya juara 1 di sekolah dan juara dua di RW. Wah bangga banget saat Ihsan menunjukkan hadiah kemenangannya. Memang sih tak seberapa, tapi nilainya itu yang membanggakan. Di sekolah dapat jam dinding, sementara di RW dapat uang 300 ribu dibagi rata ber-10.

Lain lagi cerita si tengah Nabila. Sejak kecil kami amati dia lebih nyeni, setidaknya dibandingkan ayah-bunda dan masnya. Karena cewek, ia lebih centil, ekspresif, dan selalu ingin tampil. Karenanya, tak heran saat TK kecil ia sudah tampil di panggung 17-an menari bersama kawan-kawannya yang semuanya SD.

Belakang hari, ia minta les menari Bali. Kami tak pernah memintanya untuk ikut kursus, tapi benar-benar dia yang meminta. Katanya ingin menari biar bisa keliling dunia! Wow! Dan belum sebulan les tari, ia minta tampil menari di panggung 17-an RT kami. Permintaan yang semula mengundang tanya sang bunda maupun guru tarinya. Bunda agak sangsi sebab Nabila anak yang moody, bunda cemas jangan-jangan malah mogok di panggung.

Tapi dengan pede dia buktikan bisa menari Pendet di hadapan warga secara tunggal, meski belum lancar-lancar bener! Dan pekan lalu untuk pertama kalinya ia pentas 'beneran' di JACC Tanah Abang. Jika di pentas 17-an di lingkungan rumah hanya ditonton kami sekeluarga, maka saat tampil di JACC kami berbagi kebanggaan dengan mbah kakung dan mbah putrinya anak-anak.

Senang rasanya melihat mereka bahagia dan bangga dengan pilihannya. Kami memang tak bisa memberikan fasilitas melimpah, tapi kami memberi ruang yang sangat lebar bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang.

Teruslah berkembang anak-anakku!

*foto atas: Ihsan (celana hijau) dengan tim futsalnya.

*foto bawah: Nabila sebelum pentas 17-an

28 komentar:

  1. wah, bagus tuh kalau udah berani tampil di usia dini....Disemangati terus Mas biar makin oke narinya...

    BalasHapus
  2. wah, beruntung sekali Nabila dan Ihsan (dan satunya lagi siapa namanya?) memiliki orang tua yang memberi kebebasan sekaligus memfasilitasi mereka untuk berkembang!

    Nabila, you look great in that Pendet costume!

    BalasHapus
  3. semangat memang senjata ampuh untuk tumbuh kembang anak-anak mbak.
    dan kami insya Allah punya amunisi semangat yang lumayan banyak.

    BalasHapus
  4. thx ya teh Mer.
    Nabila pengen keliling dunia juga salah satunya karena kuceritain tentang teteh.

    BalasHapus
  5. Hebat Mas... Pastinya orangtuanya sangat bangga!

    Tidak ada yang belajar musik, Mas?

    BalasHapus
  6. bang si IHsan KALO maennye mo TAmbah JAGO, TIAp JUM'at SURUh Dateng Ke LIPUtan... NTAr KIte LATIh BIYAr TAmBAH JAgo!!!!! He...He...!!!! TAr GW KAsih TAWu CAra NEnDAng PISaNG (MOLEN)...!!!!
    NAh KALo NAbILLA BISA DIASAh MA MARLENONG... SECARa DO'i ADALAh seeKOR PEnari MANteNAN....!!!! HE..HE...!!!!!

    BalasHapus
  7. setuju mas Udin, orangtua tugasnya menfasilitasi dan memberi dorongan, si anak mengembangkan bakatnya. emang harus diikuti perkembangannya, karena kadang si anak sampai juga pada titik jenuh/bosen dan pengen nyoba yg lain.

    BalasHapus
  8. wah hebat bener Bila..... Harus didukung terus tuh mas...
    Kalau Farrah masih suka berubah-ubah, dulu seneng banget nari, sering tampil dan ikut lomba macem-macem, tapi sekarang bener-bener mogok, nggak mau! Sekali waktu kepingin les gitar, belum berapa lama dah males lagi.... Yah, musti pelan-pelan kayaknya, belum nemu yang paling pas dihatinya. Kalau sekarang lagi seneng-senengnya main sama kucing... ampun deh! :)

    BalasHapus
  9. Punya keahlian dan ketrampilan itu nggak ada ruginya....
    Bener banget kata adek Bila, dengan menaripun dia bisa keliling dunia.....!

    BalasHapus
  10. apa kabar aa yudi? kumaha keliling eropana?

    BalasHapus
  11. kalo aku malah menyemangati anak-anak untuk mencoba banyak hal. biar hidup mereka lebih berwarna.

    BalasHapus
  12. setuju banget mbak diana, orang tua hanya menyiapkan dan mengarahkan, selebihnya dia yang akan memilih.

    BalasHapus
  13. wah hebat nih mas udin....saya juga masih mencari bakat zahwa anak saya...sejauh ini sih yang cukup pesat memang ngocehnya....^ - ^

    BalasHapus
  14. cuma kadang kalau terlalu banyak yg dicoba malah gak fokus, belum lama nyoba udah bosen
    ini berlaku kalo' ada kegiatan pilihan di sekolah yg harus sampai 1 semester
    udah ngotot pilih karawitan misalnya, belum sebulan udah bosen, gak bisa ganti yg laen sebelum ganti semester ..hihihi
    makanya ortunya harus kasih gambaran dulu di awal, sebelum si anak memutuskan mau pilih kegiatan apa di sekolah, dan si anak harus berkomitmen, bener-bener dipelajari dan dinikmati :-)

    BalasHapus
  15. aku dan si abi juga berniat mbantu hana mencari minat dan bakat, pinginnya nanti profesi yg dijalaninya adalah hal yang dia cintai :D

    BalasHapus
  16. bener shant, kadang ekskul di sekolah 'menjebak' anak, karena tak tahu resiko, belum sampai 1 semester udah bosen. untungnya 2 anak kami cukup senang dengan pilihannya. nanti aku posting soal ekskul ya..

    BalasHapus
  17. biarkan tumbuh dengan sendirinya mas. mungkin zahwa ada bakat jadi orator..:)

    BalasHapus
  18. itu penting nad, dengan cinta pada apa yang dipilih, anak akan melakukannya senang hati. apapun itu bentuk kegiatannya.

    BalasHapus