Senin, 20 Agustus 2007

70 Lovers!

SMA Negeri 70 mungkin satu-satunya sekolah di negeri ini yang kelahirannya paling disorot media lokal di Jakarta pada masanya. 5 Oktober 1981 adalah hari pertama penggabungan dua SMA di jalan Bulungan kawasan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, yakni SMAN 9 dan SMAN 11. Mereka 'terpaksa' disatukan dalam identitas baru SMA Negeri 70, karena kerap terlibat tawuran yang amat mengkhawatirkan.

Penyatuan dua sekolah 'preman' ini awalnya cukup sulit. Masih ada perseteruan antara murid, antara guru dan antara pengelola. Yang satu merasa lebih 'berkelas' dibanding yang lain, sementara yang lain merasa lebih jagoan dari yang satu. Kondisi ini sempat saya rasakan saat tahun 1987 menjadi siswa disini.

Meski sudah angkatan ke-6, sisa-sisa kejayaan preman masih saya rasakan. Bagi siswa kelas 1 tak pernah merasa tentram di sekolah, karena pasti jadi sasaran pemalakan kakak kelas. Tak selesai di sekolah, di luar sekolah pun kami masih punya musuh abadi saat itu, yakni siswa STM. Berangkat dan pulang sekolah adalah saat yang paling mendebarkan. Mereka kerap memancing tawuran dengan kami.

Yang paling mengusik memori saya hingga kini, seorang kawan karib pernah ditikam kepalanya oleh kawan-2 STM. Meski tak langsung meninggal, namun 2 tahun kemudian akhirnya ia 'pergi' akibat karat senjata tajam yang  bersarang di kepalanya. Duh!

Tapi cerita seram itu hanya sebagian kecil dari memori manis di 70. Meski terletak di kawasan elit, sekolah ini cukup egaliter. Tak ada pengkastaan antara the have dan the have not. Saya yang berasal dari kalangan biasa, bebas bergaul dengan semua kalangan, dari kalangan bawah hingga anak menteri dan artis terkenal. Tak ada sekat, tak ada batas. 

Sekolah pun memberi ruang berekspresi yang cukup lapang bagi siswanya. Alhasil prestasi siswanya pun cukup membanggakan hingga kini. Bahkan kini SMA 70 termasuk salah satu sekolah unggulan di Jakarta. Oya disini juga ada sekolah internasionalnya juga yang biayanya ...waduh 40 jt.

Tahun ini bakal ada perayaan 25 tahun SMA 70. Kabarnya bakal ada acara gede di Plaza Timur Senayan Jakarta. Ayo 70 lovers ngumpul yuk!!!

16 komentar:

  1. wah........itu salah satu musuh saya dulu........
    *anak STM*
    xixixixixixixixixixiiiiiiiiiiiiiiii

    BalasHapus
  2. emangnya STM mana situ?
    *sambil masang muka sangar!*

    BalasHapus
  3. fotonya sampeyan pas jaman SMA ada ngga mas?
    pengen liat, sangar apa ndak,... :-p

    BalasHapus
  4. anak 70 sih tampangnya manis2...

    BalasHapus
  5. wah, kirain Om Udin punya 70 orang kekasih sewaktu di SMA... :D

    BalasHapus
  6. aku juga sma 11, din. *tapi nggak ngerasa digabung tuh* :D

    BalasHapus
  7. aduh sy kan dari sononya manis..
    hihi....

    BalasHapus
  8. di garut ya kang? xixixi.....ya iyalah...

    BalasHapus
  9. garut mana ada sma negeri sampe 11 biji (cmiiw). bandung dong. :P

    BalasHapus
  10. ini cerita zaman gue sma din. jadi waktu itu gue pulang ke rumah naik angkot bareng sama temen-temen sd lah. terus salah satu dari mereka nanya sama gue: "eh... 28 lagi ribut ya? mau gue bantuin ngga?"

    tau ngga, itu orang pakai seragam yang lokasinya sma 70, padahal anak penerbangan... :))

    BalasHapus
  11. wah...AYAJ HUJUT HULUP kalo gitu,,
    aku angkatan Resiment, 2004..
    sayang bgt nama 70 jadi jelek gara2 kasus tawuran kemaren..
    ayo.dateng reuni akbar ya..3-4 november di parkir timur senayan

    BalasHapus