Selasa, 19 Juni 2007

[anak] Aku Mau Datang Bulan Dong!

Anak-anak kadang memberi kejutan tak terhingga dengan pertanyaan-pertanyaan polos tanpa pretensi. Hampir tiap hari ada saja pertanyaan yang mengejutkan saya dan istri dapati dari ketiga anak kami. Terakhir saya dapati saat saya mengajak si tengah Nabila untuk sholat Magrib berjamaah.

Begini kira-kira petikan perbincangannya:

Ayah : "Kakak ayo wudlu, kita shalat Magrib bareng yuk!" 

Nabila : "Nanti saja bareng Bunda."

Ayah : "Ibun sedang tidak sholat."

Nabila : "Kok bisa."

Ayah : "Ibun kan sedang datang bulan."

Nabila : "Apaan tuh? Aku mau dong datang bulan..!" *gubraks*

Rupanya ia sedang malas sholat sehingga spontan berkata demikian.

Akhirnya dengan sedikit bersusah payah sang bunda urun kata dengan menjelaskan apa itu menstruasi. Tentunya dengan bahasa yang sangat sederhana bagi anak TK seusia Nabila. Tidak cukup memuaskan tampaknya bagi Nabila, karena setiap dijelaskan, sang bunda terus dibombardir dengan pertanyaan-2 khas anak-anaknya.

Untungnya selesai, meski saya dan bundanya yakin, ia pasti bertanya hal yang sama bahkan lebih mendetail di kemudian hari.

Duh, ada yang punya pengalaman serupa? Apakah seorang ayah perlu ikut urun rembug juga saat si anak bertanya hal-2 serupa itu? Soalnya kadang pertanyaan serupa itu dilontarkan saat sang bunda tidak di rumah. Persoalan cewek banget nih!

39 komentar:

  1. hahaha... gampang Mas.. kalo nanyanya pas Bunda ga ada di rumah, jawab aja gini: Nanti aja ya tanya Bunda kalau Bunda udah pulang =) Adikku dulu waktu berumur kira2 11 tahun malah uring2an karena belum menstruasi. Selidik punya selidik, ternyata masalahnya sederhana saja, dia sudah rencana mau pake produk pembalut tertentu yang diiklankan di TV, makanya dia berharap untuk cepat2 datang bulan... itulah, korban media juga ya? Aku ga inget apakah adikku pernah menyanyakan si bulan ini, tapi aku inget pertanyaanku ke Ibuku dulu waktu aku kelas satu SD. Jawaban beliau seperti ini: Menstruasi pendarahan, tapi ga sakit. Seperti pipis saja, tapi merah. Dan itu dialami oleh semua perempuan yang sudah dewasa. Jadi kalau kamu sudah menstruasi, itu artinya kamu sudah dewasa. Tapiiii... menjadi perempuan dewasa itu repot lho. Kenapa? nanti ya, kalau kamu sudah menstruasi, baru mama jelasin... Hhhhmm, manjur juga Ibuku bikin aku ga nanya2 lagi, sampai aku menstruasi. Dan beliau menepati janjinya, dijelaskannyalah semua tetek bengek reproduksi dan pendidikan seksual itu ketika aku menstruasi untuk yang pertama kalinya =)

    BalasHapus
  2. hehe.. Itulah anak2... Polos dan sering membuat surprise dengan tingkah dan pertanyaan2nya.
    Dan orangtua memang harus standby dengan jawaban2 yg "pas"..
    Para bapak, juga kudu paham soal wanita dong... biar kalau pas di tanya anak, bisa menjelaskannya.. :)

    BalasHapus
  3. hihhihihi perlu merguru juga nih...soalnya kadang anak3 iseng ngacak pampers dan pembalut dikotakan.pernah anak3 minta pakai pembalut aja jangan pampers umminya jawab,''gak boleh itu pampers umi, klo pampers kamu yg ini(sambil nunjukin pampers bayi) apa jawab anak2ku?....
    apa ummi suka ngompol yaaaa? kok pakai pampers?...*gubraks!!!

    BalasHapus
  4. pertanyaan khas anak perempuan mmg yg jawab adalah istri.
    hehehe

    BalasHapus
  5. hayuu mas belajar kasih jawaban :)

    BalasHapus
  6. kalo udah seusia SD sih bisa..tapi ini kan anak TK Len!
    saat aku bilang ini cuma dialami perempuan, dia protes, kok mas enggak? nah, lho!

    BalasHapus
  7. paham sih mbak..tapi takut salah aja ngasih jawaban yang 'pas' .
    apalagi anak sy punya ingatan yang kuat, kalau kita salah ngomong nanti dianggap gak konsisten pas dia dengar penjelasan bundanya.

    BalasHapus
  8. hihi...pertanyaan yang bernas dan kena sasaran!

    BalasHapus
  9. hayo Ri, jadi pas punya anak udah siap. hehe.....:D

    BalasHapus
  10. pokoknya kudu dijawab dengan kata2 simpel yang masuk logika.
    jangan sodorin mitos ke anak2...udah ga mempan. :)

    BalasHapus
  11. yap, setuju gw noz.
    salah omong dikit, tau sendiri anak sekarang banyak protesnya.

    BalasHapus
  12. atau mungkin bunda pura2 solat aja?

    BalasHapus
  13. wah, ngga kebayang..... gimana jelasin-nya....
    suruh tanyakan saja pada rumput yang bergoyang.... :DDD

    BalasHapus
  14. wah, ngga kebayang..... gimana jelasin-nya....
    suruh tanyakan saja pada rumput yang bergoyang.... :DDD

    BalasHapus
  15. nah yang ini yang gak bisa Yan...
    justru dengan dijelaskan apa adanya kita berharap memberi pengetahuan baru buat si kecil.

    BalasHapus
  16. Saya sih menjelaskan dengan baik, kebetulan sejak kecil memang sering kita bacakan buku series yg berjudul "How my Body Work" dan dari serial tersebut ada yg membahas mengenai organ wanita dan ya Alhamdulillah pertanyaanya bertahap sejak kecil.
    Sekarang cindil memang sudah datang bulan dan di sekolah memang ada kelas yang membahas masalah ini beserta segala permasalahan yang menyertainya. (rasa sakit, mood changing dan lain lain)

    BalasHapus
  17. Begini mas, Jawab saja, bahwa organ tubuh wanita itu secara berkala (tiap bulan) membuang darah kotor yang tertimbun di dalam rahim, nah saat pembuangan itu terjadi maka wanita dilarang sholat. Pembuangan darah kotor itu prosesnya bisa 3 - 5 hari.
    Dan karena prosesnya itu terjadi setiap bulan yang biasanya bertepatan dengan munculnya sang bulan (he he he) itu kenapa disebut sebagai "datang bulan"

    BalasHapus
  18. Waduh ....Cak Syamsul....anak-ku lanang-lanang :-)....walik'anne sampeyan.....aku wedok dewe nang omah iki ...:-))))

    Cak Syamsul, pendapat pribadi saya mending Ibundanya yg menjelaskan :-)
    Kalau pengalaman pribadi saya dulu dapet umur 13 th Cak ....trus saya di tuntun kakak perempuan saya yg nomer 2 (karena saya anak paling akhir, alias nomer 6). Seingat saya dapat masukan "datang bulan" malah dari teman2 saya, karena sebagian mereka sudah datang bulan umur 7 tahun -11 tahun.

    BalasHapus
  19. Yah, kudu tau lah Bang :-p
    Kan bisa dibaca2 informasi tentang sex education for children di internet :-) aku yakin, Abang bisa menjawab dengan bijak :-)

    Nabila kritis dan curious ya :-)

    BalasHapus
  20. hebat berarti mas... Nabila pinter & kritis... mudah-mudahan jadi anak shalehah ya Nak :)

    BalasHapus
  21. hahaha.. aku pun ada masalah kalau tak boleh solat. tak tau bagaimana mau terangkan pada anak2 ku yg masih tak tau apa2.. mau atau tidak kena la berlakon solat. :))

    BalasHapus
  22. hahahahha.. aku tau rasanya.. lalu kalo dijawab dia akan bertanya lagi jawaban kita itu..
    asik deh... bikin ketawa dan gak stress... :)

    BalasHapus
  23. Jadi inget lagu jaman anak2: "Ambilkan bulan Bu...Ambilkan bulan Bu...."
    Hehehe....
    Kalau isri gue selalu bilang gini,"Mama lagi cuti. Setiap bulan, perempuan yg
    udah gede dikasih cuti sama Allah." Anak2 gue nanya sih, tapi fokus pertanyaannya
    jadi ttg cuti. "Cuti itu apa sih Mama?"
    Hahaha...lebih gampang jawabnya Din.

    BalasHapus
  24. maap mas, saya bukan ayah, jadi gak punya pengalaman, hehe.
    tapi... ayah kudu tau juga dwoonk. setuju ama ima, kan bisa cai tau ttg sex education.

    BalasHapus
  25. thx ya An, kayaknya penjelasan ini paling mudah dicerna, menurut sy lho!. gak tau juga kalo dikasih tahu ke Nabila...

    BalasHapus
  26. mungkin zamannya udah beda mbak emi.
    sekarang info semacam itu harusnya diterima dari ortu sendiri, lebih aman.

    BalasHapus
  27. hmmm juga deh mbak.....hehehehe...

    BalasHapus
  28. aku justru stress kalau ditanya hal-hal yang 'perempuan' banget

    BalasHapus
  29. wah bisa buat bokapnya juga tuh Frans..
    "sorry ya pa, mama lagi cuti.."hehehe..

    BalasHapus
  30. hehehehe.....
    di rumah saya sih kayaknya ngga ada yg pengen dateng bulan selain saya sendiri :D

    BalasHapus
  31. iyalah mbak ani kan yang paling cantik di rumah....

    BalasHapus
  32. hehehe.... susah ya jadi orang tua

    BalasHapus