Rabu, 02 Agustus 2006

Wisata Kuliner

Rating:★★★★
Category:Other
Acara kuliner asuhan Bondan Winarno ini tayang di Trans Tv dari Senin-Jum'at jam 14.00 WIB.

Kekuatan acara ini ada pada hostnya, BW. Dengan kepiawaian dia soal kuliner, pemirsa seolah diajak menjadi pencicip aneka panganan dan jalan-jalan. Apalagi pengetahuan kuliner BW yang segudang, membuat dia terlihat cerdas, beda dengan host acara sejenis.

Sepintas mirip dengan Bango Cita Rasa Nusantara yang juga (pernah) diasuh BW. Ada beberapa pembaharuan yang maunya jadi pembeda dengan acara sebelumnya. Seperti sejarah singkat sebuah tempat wisata serta segmen oleh-oleh.

Sayang BW tidak konsisten dengan segmen pembeda itu, sehingga tidak tiap episode muncul. Mungkin karena kesulitan waktu riset, atau karena persoalan klasik sebagai acara yang kejar tayang, tidak ketat menjaga kualitas.

Tapi, sebagai tayangan siang hari, lumayan menghibur. Paling tidak buat mereka yang sudah kesengsem sama tulisan Pak BW sejak di Jalansutra Kompas.

23 komentar:

  1. wahhh asyik... sayang gak bs nonton

    BalasHapus
  2. padahal asyik lho mbak, serasa jalan bareng BW ke tempat2 makan yang 'merakyat', bukan kelas hotel. dulu hanya bisa baca tulisannya di milis jalansutra, nah di acara ini lihat jalan-2nya secara visual

    BalasHapus
  3. Waduh, gak bisa nonton...kerja sih...sebel!

    BalasHapus
  4. iya bisa bayangin asyiknya soalnya dulu pernah ada acara BW ini yg jalan2 ke kota2 cari makanan2 kaki lima apa itu acara yg sama yah? dan sampe skrg masih suka baca jalansutra di kompas :D

    BalasHapus
  5. acaranya BW yang dulu namanya Bango Citra Nusantara. setelah kontraknya habis, acara itu dipandu Harsya Subandriyo. tapi beda dengan yang awal, HS gak terlalu bagus, karena beda kemampuannya sama BW.

    Btw, kok sy gak nemuin lagi jalansutra di kompas.com lagi ya, mbak.

    BalasHapus
  6. hihi..untungnya saya kok ya di rolling tugas malam pas di awal acara ini tayang. jadi bisa nonton, meski gak rutin.

    BalasHapus
  7. iya mbak sorry, ternyata masuk di 'makanan&plesiran', maklum belakangan jarang buka.

    BalasHapus
  8. wah, sama ...saya juga suka ngikutin tulisannya pak bondan di KCM
    tulisannya pak Bondan yg di kompas itu dibukukan kok
    kebetulan saya punya bukunya
    tapi tulisan terbaru sepertinya belum ikut masuk di buku pertamanya
    mungkin bakalan ada buku berikutnya

    BalasHapus
  9. aduh, sayang acara wisata kuliner ini jam tayangnya pas jam kerja
    padahal yg wisata bango saya rajin nonton lho :)

    BalasHapus
  10. minta shift malam aja Shant kayak aku...hehehe...tapi jangan ding kasian mas Alan:)

    BalasHapus
  11. nama saya juga BW
    tapi bukan Bondan Winarno, melainkan Bondan Waseso
    Saya juga suka makan

    :D

    BalasHapus
  12. kesimpulan asal
    orang dengan ininsial BW doyan makan :D

    BalasHapus
  13. Hehe... jadi keliatan kan, yang mana faktor suksesnya? Label "Bango" atau "Bondan Winarno"? Soalnya Bango sempet memasalahkan "lari"nya Mr. Bond ini ke Trans TV, dan nganggap BCRN lah yang "memberi angin baru" pada Mr. Bond. =P

    Padahal dah jelas yang mana yang "layar" mana yang "muatan".

    BalasHapus
  14. walah kok jam 2 siang sih...kesannya segmennya cuma buat ibu rumah tangga aja...

    BalasHapus
  15. BW emang mantab deh.. Dulu jaman masih di Bango, dia itu alasanku bangun pagi di hari Sabtu. Sekarang BW di acara lain ya ? Hiks hiks gak bisa nonton, mas Udin. Masih untung diceritain aja deh, lumayan. Makasih ya.. hiks..

    BalasHapus
  16. wah, bisa jadi back-up nya Bondan Winarno dunks!
    saya juga suka makan, tapi inisial nama bukan BW...halah.

    :D juga...

    BalasHapus
  17. setuju kang bayu.

    bagi yang sering baca tulisan BW soal kuliner serta kegiatannya di milis jalansutra, kita akan tahu seberapa 'kuat' sosok BW dengan ilmu kulinernya.

    dan bukan mau memuji, tapi BW adalah sedikit orang yang bisa nulis dengan jernih, meski yang ditulis hal yang rumit.

    dan satu lagi, kesederhanaan penampilan BW malah menjadi penguat sosoknya. bandingkan dengan host acara lain yang harus terlihat 'mewah' di tv.

    BalasHapus
  18. Yang saya gak respek sama BW adalah kebanyakan mempromosikan kuliner yang contentnya gak halalan tayyibah!

    Termasuk kolom Jalansutranya di Kompas!

    BalasHapus
  19. Paling demen saya mas Tom, kalo denger2 yg kuliner, makanya acara kuliner di sini, saya usahakan kalo ada wkt saya panteng terus.

    BalasHapus
  20. Ita, bikin review dong acara tv yang menarik di Perancis...

    BalasHapus
  21. iya nih, kok tayangnya jam 2 siang sih. dulu waktu masih nganggur sih enak bisa nonton terus. tapi sekarang udah kerja jadi ga bisa deh. padahal aku ngefans banget ma acara ini soalnya p. bondan asyik bawain acaranya n soal makanannya juga ga selalu di resto mewah

    BalasHapus
  22. great blog, my friend...
    nice meeting you all...
    greeting from Malang, East Java Province, Indonesia...


    http://www.haryobagushandoko.co.cc

    My Books are available in http://www.gramedia.com and other bookstore in Indonesia

    Gardening book:



    Food Traveling Guide:

    BalasHapus