Kamis, 31 Agustus 2006

Saya punya hutang…


Ramadhan sebentar lagi menjelang. Bulan yang indah bagi warga muslim untuk berbuat, beribadah dan merenung.


 


Saya berharap tahun ini bisa menjadi ramadhan yang lebih baik dari tahun sebelumnya, baik dari sisi ibadah maupun ‘menjadi’ manusia itu sendiri. Banyak hal yang belum saya lakukan, dan saya ingin wujudkan tahun ini.


 


Tapi sebelum ramadhan datang, saya masih punya hutang puasa 4 hari lagi yang belum saya bayar. Sebenarnya hutang puasa saya 5 hari, satu hari sudah saya bayar dua pekan silam. Sisanya itu ya kok sulit ya, ada saja halangannya.


 


Masih terekam dengan kuat setahun silam saya ‘terpaksa’ tidak berpuasa karena sakit. Dokter mengharuskan saya istirahat selama sepekan karena sakit di persendian tangan. Meski dokter minta seminggu, saya korting jadi 5 hari, karena nggak enak kelamaan absen puasa. Lagipula, malu dengan si sulung, Ihsan, yang akhirnya pol puasanya.


 


Kemarin, saat mencoba membayar hutang puasa, ada saja halangannya. Kelar satu hari, eh urusan KPR rumah benar-2 memaksa saya dan istri pontang-panting ke Bank dan developer. Akibatnya, saya yang sudah 2 bulan terakhir masuk kerja malam, kurang istirahat. Dan bisa ditebak…saya tumbang beberapa hari terakhir.


 


Untuk sementara gagallah bayar hutang itu. Tapi saya janji, disisa hari ke depan menjelang puasa, saya akan bayar. Bener-2 nggak enak euy punya hutang!


 


Ya ALLAH, mudahkan semuanya…


 


 

13 komentar:

  1. hick..sama nih... masih utang banyak.

    BalasHapus
  2. bayar mbak, mumpung sempat dan sehat.

    BalasHapus
  3. semoga sebelum ramadhan datang, utangnya lunas ya mas
    saya jg berdoa semoga tahun ini bisa tetep puasa dan gak enegh lagi
    memang lebih berat membayar hutang puasa

    BalasHapus
  4. Disini kalo mau bayar puasa paling enak tunggu musim dingin Din, pendek harinya. Subuh jam 8 maghrib jam 5.30 sore. Kalo mo bayar puasa musim panas bulan Juni, bisa terkapar kita, subuh 3.30 dan maghribnya jam 10 malem. Enak di Indonesia, sama terus jamnya. Jadi cepet bayar Din, dah mepet banget waktunya....

    BalasHapus
  5. amin juga cak nono..punya hutang gak puasanya?

    BalasHapus
  6. ayo shant, sy yakin pasti bisa. my wife di kehamilan kedua dan ketiga bisa pol lh puasanya. semoga nggak ada halangan ya Shant, sekalian ngajarin si 'dede' buat puasa.
    pulang ke Nganjuk nggak lebaran?

    BalasHapus
  7. berarti tahun ini puasa di Perancis lebih enak dong?
    *yun, kumaha dengan bukumu? kakakmu jadi ngirim barang ke tempatmu gak? alamatnya dong!

    BalasHapus
  8. Waduuh kirain mas Udin punya utang ama aku..
    Ayoo mas kita sama2 bayar hutang puasa..

    Alhamdulillah kalo si Pat pool terus puasanya mas..

    BalasHapus
  9. yuuk..sama-sama semangat bayar utang puasa ya, Bang!

    BalasHapus
  10. Tenang Din, ini lagi di nego barang apa aja yang mo diminta kirim. Alamatnya kakakku ntar aku tanya lagi, aku juga lupa soalnya...

    BalasHapus
  11. sikrit: sy juga biasanya pol mbak puasanya. hanya tahun lalu saja karena sakit
    anibowo: yuk juga mbak ani...
    femmedejava: beres lah yun, tak tunggu kabare.

    BalasHapus