Kamis, 24 Agustus 2006

Mengarang Itu Gampang

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Nonfiction
Author:Arswendo Atmowiloto
Ini bukan buku baru. Buku ini pernah saya baca saat saya duduk di bangku SD atau SMP, sekitar tahun 80-an.

Bukunya sederhana. Judulnya provokatif, benar-benar melecehkan orang yang mengaku kesulitan menuangkan idenya dalam bentuk tulisan. Judul ini pula yang menjadi salah satu alasan saya (dulu) membeli buku ini.

Buku ini memberi saya banyak hal, inspirasi dan bimbingan untuk menulis. Menulis apapun, seperti saran sang penulis.

Saat membaca buku ini, saya cuma anak-anak yang menggemari Lima Sekawan, Sapta Siaga karya Enid Blyton, serta Tintin karya Herge. Karena sangat kepincut isi cerita buku-buku itu, sempat terbayang ingin menjadi penulis.

Dan buku Arswendo ini adalah sedikit jawaban buat saya waktu itu.
Kendati dulu untuk memahami isi buku, saya harus jungkir balik membacanya. Bahkan tak terhitung berapa kali saya membaca buku ini, hanya untuk mengetahui apa maknanya.

Yang paling saya ingat adalah penulis banyak menyebut pentingnya "Plot" dalam sebuah penulisan.

Arswendo dikenal piawai merangkai kata. Karyanya bertebaran di hampir semua media nasional. Ia pernah menjadi Pemred majalah HAI, serta tabloid Monitor yang cukup fenomenal pada masanya. Ia juga penulis novel laris macam Senopati Pamungkas, Keluarga Cemara atau Kiki dan Komplotannya. Pernah dipenjara lantaran kasus penghinaan terhadap nabi Muhamad, yang berujung pada dibredelnya tabloid Monitor. Ia juga pernah jadi 'anak ajaibnya' Gramedia Majalah, dan memimpin belasan media dibawah payung Gramedia Majalah.

Kini Wendo masih menulis, bahkan anaknya pun menjadi wartawan di sebuah stasiun tv.

14 komentar:

  1. ternyata gw pernah beli buku ini dan belon sempat membacanya

    BalasHapus
  2. Aku pernah membacanya di Gramedia tetapi tidak membelinya. Membaca buku ini sekali saja belum memberiku kesimpulan bahwa mengarang itu gampang. Mungkin lebih gampang ngarang alasan dari pada mengarang cerpen atau menulis buku. Hehehe...

    BalasHapus
  3. gue udah pernah liat buku ini
    memang mengarang itu gampang
    tinggal menuangkannya dengan gaya bahasa kita sendiri
    hasilnya...catatan perjalanan bertebaran di mp-ku hehehe....

    BalasHapus
  4. Ah,

    Dulu jadi artikel bersambung di majalah Hai. Bacanya waktu kelas 1-2 SD (hehe) terus waktu dijadikan buku, beli. Puluhan tahun kemudian waktu lagi jalan-jalan di Gramed.. Eh ketemu cetakan terbarunya. Ya beli lagi aja..

    Sekarang setelah jadi Pemred Maxim Indonesia, gaya nulis Arswendo ngaruh banget di tulisan-tulisan saya.

    BalasHapus
  5. decy: kenapa gak segera dibaca, atau paling tidak diberikan ke kawan yang suka nulis...
    moharifwidarto: bener mas. membaca sekali belum bisa menuntun kita bisa gape menulis. makanya mesti rajin membaca karya orang.
    charliesalseros: tuh bener kan, ada juga yang 'kena' batunya Arswendo.
    erikar: ternyata kita hidup pada masa yang sama ya rik. gw termasuk yang sangat penasaran dengan gaya nyeleneh Wendo saat itu. sampai dia pake nickname Titi Nginung pun gw tau.

    BalasHapus
  6. kalo bung smas itu sapa yah?
    gue paling suka novel2nya tentang si Noni bandel itu
    kalo sekarang sih udah kaya chicklit kali yeee....

    BalasHapus
  7. bung smas tuh pengarang dari Jawa Tengah atau Jawa Timur kalau gak salah. bener ceritanya ringan-2 asyik jaman dulu. chicklit? waduh, gw gak ngikutin. tapi penasaran pengen tau juga.

    BalasHapus
  8. Yo'a..

    Gw jg taunya bertaun-taun setelah baca tulisannya Titi Nginung, ngg.. Kalau gak salah judulnya 11-8-.. eh apa ya? Pokoknya tentang bintang sepakbola yang kontroversial itu. Gak tau kenapa gue suka banget sama gaya tulisannya.

    Eh tapi tau-tau tahun 89'an gue baca tulisan Kompas tentang Sjumandjadja, eh di sana dijelasin kalau Titi Nginung itu adalah Arswendo Atmowiloto.

    Ya pantes aja..

    BalasHapus
  9. Hmm,

    Penulis juga, kalo gak salah dia berdomisili di Semarang. Dulu gue tau nama aslinya sekarang gak lagi..

    Karyanya yang lebih keren dari Noni adalah Pulung! Itu lebih membumi dan seru banget.

    Sayang dia gak pernah terlalu ngeboom namanya.

    BalasHapus
  10. iya ya...penginnya sih dibaca mas..tapi nggak ada waktu itu lho kendala utamanya..dan belum juga nawarin ke temen temen yang mau.

    BalasHapus
  11. gue juga suka baca Pulung!!!!
    detektif kagetan selalu aja terlibat masalah gak sengaja hehehe.....

    trus..trus....tahu tentang Astrid gak? gue udah lupa siapa yang ngarang
    salah satu judulnya "astrid jatuh cinta?"

    BalasHapus
  12. Jokolelono kalo gak salah..

    Sekarang salah satu creative director di perusahaan Ad top Indonesa! Dia juga ngajar di ITKP kayaknya.

    BalasHapus
  13. asyiknya ni buku, disajikan model Q & A. kayak ngobrol dan konyol pula, gak berbelit jelasin sesuatu, jadi enak nyimaknya.

    BalasHapus