Selasa, 29 Agustus 2006

Gempa Maluku (Up date)

Baru saja di tv ada peringatan dini Tsunami dari BMG.


Pukul 20.38 WIB terjadi gempa 6,4 skala Richter.


Lokasi di Barat Daya Tual, Maluku.


Gempa ini berpotensi Tsunami.


Bagi rekan-2 MP yang ada di Maluku dan sekitarnya mungkin bisa memberi laporan...


Update: Ternyata BMG meralat pernyataan awalnya. Pukul 21.30 BMG menyatakan gempa di Tual tidak berpotensi Tsunami. Waduh gimana nih BMG, kok sering banget membuat pernyataan yang mudah diralat. Gimana kita mau percaya dengan peringatan dini tsunami kalau begini.


Ini bukan kejadian pertama. Sebelumnya, BMG juga pernah membuat pernyataan serupa yang kemudian diralat. Kenapa bisa begini BMG??? 

8 komentar:

  1. Pernyataan BMG banyak menimbulkan pertanyaan yak

    BalasHapus
  2. iya nih bikin bingung. siapa dong yang harus dipercaya, kalau untuk yang penting kayak gini mereka tarik ulur pernyataan.

    BalasHapus
  3. harusnya kalo belon yakin jangan disebar luaskan dulu ya..

    BalasHapus
  4. Kalo g jadi BMG jawab gini : Kan saya bilang berpotensi menimbulkan tsunami bukan pasti tsunami, jadi kalo gak tsunami ya harusnya pada seneng dong..gimana sih..udah gaji g kecil eh masih diprotes juga...

    hehehehehhee...

    BalasHapus
  5. tandanya BMG minta di update tuh fasilitasnya......biar laporannya lebih valid....

    BalasHapus
  6. Saya ga liat sesuatu yg aneh di BMG, secara fungsi mereka memang meramal, sekali lagi meramal, baik itu cuaca maupun bencana. Lha wong prakiraan cuaca hujan aja bisa ga hujan, apalagi tsunami Oom.

    Cuma memang orang kita ini suka ga pede dgn yg namanya pendekatan hipotetis, selalu berkilah: "mana buktinya". Yg namanya hipotetis (dugaan) itu bisa saja salah, dan itu bukanlah suatu kesalahan, at least secara prosedural. Ya susah dunk kalo prakiraan yg sifatnya hipotetis terus ga terjadi, dibilang ga akurat dan harus diralat.

    BalasHapus
  7. Eit, jangan salah ya.. Di Perancis aja prakiraan begini juga kadang-kadang salah.. Harap maklumlah, peralatan minim, pelatihan lebih lanjut juga gak ada, reward juga kurang diperhatikan, sudah alhamdulillah banget kalo mereka sudah berusaha sebaik-baiknya sekuat kemampuannya

    BalasHapus